Minggu, 22 Juni 2014

trip (semi) backpacker ke jogja

Trip ke jogja?
Sebenernya udah ada rencana ke Jogja tahun lalu, tapi baru kerencana bulan April 2014 dan ini juga rencana nya juga dadakan? Kenapa? Karena VISA KOREA buat trip kesana di tolak. Next, lain kali bakal aku ceritain hahhaha masih rada nyesek ceritanyaaa

11 April setelah dapet info di tolak dari kedubes malemnya cerita ke temen dan ngajak trip ke solo dan tiba* berubah ke jogja. trip nya nggak jauh-jauh banget cuman sekitaran kota jogja aja. Udah nyusun jadwal, dan seninnya mau nyari dan booking hotel murah dibawah 100rb. Tapiii, dasar aku lupaaaa kalo tanggal 18 April itu adalah long weeked walhasil semua hotel yang aku telpon full semua. -__- nangis nangis dong aahhh . . mau engga mau yaaa nginep rumah budhe. 

Allah emang ngedenger doa kita, dan akhirnya kita dapet hotel deket banget dari stasiun tugu dan malioboro dapetnya beberapa jam sebelum berangkat. jangan harap dapet yang 100rb an, kita terima berapapun harganya akhirnya dapet yang 200rb. Namanya hotel Khresna, strategis banget dari malioboro dan stasiun tugu, kalo mau ke stasiun tugu tinggal lewat yang arah belakang aja. tapi harus naik turun tangga sih.

Perjalanan kali ini kita bertiga mengusung low budget, dan lebih banyak jalan kaki. aku kira Jogja bakalan kayak Semarang yang dimana-mana ada angkot, dan itu SALAAHH!!! (nyesek). Aku bener-bener nggak tau, karena kalo ke Jogja biasanya sewa mobil. Disini transportasinya bus trans jogja, bus, becak, andong, etc.



Memang rencana kita cuman jalan-jalan sekitar kota aja ngga usah jauh-jauh, yang bisa dijangkau dengan kaki dan angkutan umum, harus murah tentunya dan nggak ada acara main-main ke air-air macem pantai,  transportasi yang kita gunain selama perjalanan adalah kereta-bus-jalan kaki-motor (pinjem budhe).

Hari pertama:
jam 09.00 - 11.30 naik kereta semarang - solo (20.000)
nungguin kereta ke solo

jam 12.00 - 12.50 naik kereta solo - jogja (15.000)
kami sengaja naik kereta solo - jogja yang mahal, pengen ngerasain aja gitu. haha. dan kami turun di stasiun tugu, setelah itu melanjutkan perjalanan benteng vredeburg sambil leyeh-leyeh manja. haha

 ini kita di malioborooooo ..  uwuwuuww

benteng vredeburg

Beneran deh di benteng vredeburg itu bagus, murah juga buat wisata. cuman Rp 2.000,- bisa keliling-keliling masuk museum nya yang udah modern juga ada permainannya segala, TOP dehh. Sampe sekitar jam 3 kita ada disini dan tiba-tiba panggilan alam memanggil a.k.a LAPAR. makan deh tuh, pecel yang ada dipinggir malioboro, harga nya sih Rp 7.000 dan ngga begitu enak menurut ku. Habis makan langsung capcus ke rumah budhe, dan ternyata nggak ada busway yang ke arah langsung kesana, terpaksa naik busway sebentar, abis itu jalan kaki (YANG KATANYA DEKET, tapi NYATAnya JAUH). Rada nyesel nolak tawaran becak yang bertiga cuman 15rb. huaaa. But soo far soo gut, kaki sukses pegel-pegel, malemnya pengen jalan-jalan tapi sayangnya ngga ada yang anterin, jadi cuman istirahat dan jalan-jalan disekitar situ. 

Rincian:
Kereta Semarang - Solo Rp 20.000
Kereta Solo - Jogja Rp 15.000
Vredeburg Rp 2.000
Nasi pecel  Rp 7.000
Busway     Rp 3.000
Pengeluaran 1 hari Rp 47.000/orang.

Hari kedua: 
Alhamdulillah dapet pinjeman motor dari budhe, dan ada mba adis yang mau nemenin. Rencana hari kedua yaitu => Taman Sari - De Mata Museum 3D - Makan gudeg jogja - Hotel - Malioboro.

Nah, sebenernya kami ngga boleh nginep di hotel sama budhe, kenapa? Karena hotelnya itu terletak di jln. pasar kembang 32, yang notabene tempat para cewek-cewek nakal gitu. Tapi, InsyaAllah aman karena hotel yang kita tempatin itu di area pinggir jalan engga masuk-masuk gang. 

Taman sari
Huumm, beberapa kali pernah kesini sih sebenernya, cuman baru kali ini kesini tapi ala semi backpacker, lumayan murah cuman Rp 4.000 kamu bisa keliling-keliling. Kalo lewat belakang mungkin bisa gratisss.

with my sister adis


De Mata Museum
Banyaaakk banget yang ngga tau ini apaaannnnn, sebenernya awalnya aku juga nggak tau ini apaan tapi saya sangat berterimakasih kepada INSTAGRAM karena menunjukkan tempat ini, orang jogja ada yang engga tau ini apa dan dimana. Ini adalah musem tiga dimensi (macem museum trick eyes museum di hongdae atau jeju, Korea. duh, lagi-lagi bahas korea. ugh!) ada ratusan lukisan disini, dan akan ganti tulisan setiap tiga bulan. Yaa walaupun tiket masuknya sekitar 30rb tapi ini lumayan menguras kantong untuk backpacker macem kita.



Hampir semua spot kita foto-foto sampe capek dan hape lowbat (THANKS TO MY POWERBANK). abis dari sini nyicip gudeg asli jogja dulu. asliii, disini gudegnya manis banget dan baru buka aja antrinya bejibun. Bedanya gudeg jogja itu manissss dan warnanya pekat banget, tapi tetep enak sih. ^^v

Abis kulineran balik rumah budhe, dan capcus ke hotel (Kamarnya baguss, recommended banget, kekurangannya kamar mandinya kecil) dan tepar, abis mandi langsung capcus ke malioboro nggak niat belanja ealah kalap juga tapi ngga nyampe 100rb sih.

Rincian:
taman sari: 4.000
de mata: 35.000
bus : 3.000
hotel: 200.000 (dibagi 3 orang)
gudeg: 10.000

Hari ketiga
Niatnya nih, niatnya pagi-pagi langsung balik ke solo abis itu ke semarang, tapi niat tinggal niat. keasikan di hotel, malah pada males gerak dan dapet makan pagi tapiii karena nggak mau nyia-nyiain jalan-jalan. Walhasil aku sama nilla pagi--pagi jalan-jalan ke malioboro, dan angkringan lebih banyak di pagi hari, owowow.


Jam 10.00 siap-siap buat ngejar kereta prambanan express, cuman 6.000 cuyy. Tapi, yaa ada yang berdiri dan duduk. Kita seneng banget bisa ngerasain yang beginian, karena di semarang biasa naik kendaraan pribadi. Hasil blogging menunjukkan kalo dari stasiun balapan ke terminal itu deket dan bisa ditempuh dengan jalan kaki, tapi itu BOHONG!!! Itu jauhhh, meeennn. jauh bener, kita jalan sampe ngos-ngosan bertiga. Banyak banget yang nawarin becak cuman 10rb bertiga, tapi kita tolak (dengan alesan, kita mengganggap itu deket). nyampe terminal, di bus kita bertiga tepar dan ada penyesalan tersendiri kenapa tawaran becak tadi di tolak. (Dan itu juga karena menaati prinsip kita =>> tidak ada anggaran untuk angkot daihatsu, dan becak diluar kota. wkwkkw)

rincian:
kereta pramex: 6.000
bus solo-semarang: 25.000
angkot banyumanik-johar: 5.000

ada beberapa tempat yang belom tercapai:
House of Raminten
Taman Pelangi di Monumen Jogja Kembali
kulineran di UGM
etc

Jogja emang nggak pernah ada abisnya kalo dipake buat tempat wisata, selaluu adaaa aja yang baru. Entah kulinernya, museum, etc.Dan pulang kerumah tepar, tapi nyenengin secara ngga pernah ngalamin kayak gini. where's next trip?? malang? bandung? or spore?? (paspor ku siap banget buat diisi). ahha 

6 komentar:

M.Rifqi Ubaidillah mengatakan...

artikel yang sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Kak waktu dari solo ke jogja naek kereta api apa ya??

Unknown mengatakan...

sekedar info nih..

klo jalan jalan ke jogja dan butuh transportasi buat explore. kami, NonaTrans menyediakan jasa sewa motor di jogja.

unit dan harga yang kami sediakan
vario, beat, scoopy, mio harga 70rb/24jam.
vario 125 harga 85rb/24jam.

harga udah include:
- 2 helm
- 1 matel hujan
dan FREE antar jemput. Jadi ketika tiba di stasiun tugu, lempuyangan, bandara atau klo udah sampai di penginapan tinggal wa ke no. 081904043499 atau pin 54B57737 atau line 082138240036 . Isi form reservasi / booking langsung dech kami antar unit sewa motor jogja'nya.

info lengkapnya di nonatrans.com ya.. thankyou. ^.^

Cari Kontrakan Jogja mengatakan...

Maliboro sekarang lebih nyaman bagi pejalan kaki... :)


Kalo ada yang mau tinggal sementara atau selamanya di Jogja. Kami bisa bantu mencarikan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan bingung mencari atau mengiklankan Rumah kontrakan, Kontrakan Paviliun, Homestay, Ruko, Kos-kosan, Sewa rumah/tanah, dan Jual beli rumah/tanah di Jogja!

Karena Cari Kontrakan Jogja telah hadir di tengah-tengah Anda.

Silahkan kunjungi website kami langsung dan buktikan sendiri pelayanan kami hanya di :

http://carikontrakanjogja.com/

liburan mengatakan...

Tempat liburan yang asyik banget nihhh Liburan

hotel mengatakan...

harga hotel juga murah tuh cuma 200rb